Tuesday 3 November 2015

Tips Merawat Kesehatan Kulit

Mendapatkan kulit yang sehat dan bersih tidak hanya dengan menggunakan berbagai produk kulit dan kecantikan, karena kulit yang sehat juga bisa didapatkan dari pola hidup dan rutinitas sehari-hari yang sehat. Beberapa tips sederhana berikut ini dapat dilakukan sehari-hari, untuk mendapatkan kulit sehat secara alami serta mencegah proses penuaan dini pada kulit: apa saja tips merawat kesehatan kulit ? berikut ini tipsnya

Melindungi kulit dari sinar matahari

Paparan langsung terhadap ultraviolet (UV) akan berakibat buruk bagi kulit. Dalam waktu panjang, hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit, seperti penuaan dini berupa kerutan, kulit kusam, termasuk juga resiko terkena kanker kulit.
Gunakan SPF (lotion anti-UV/sunblock) yang sesuai dengan tipe kulit anda, dan gunakan saat akan keluar di siang hari.
Hindari paparan langsung terhadap sinar matahari di saat-saat terpanasnya, biasanya antara jam 10 hingga 15 siang. Lebih baik lagi jika anda menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan juga topi, sehingga dapat melindungi kulit dari eksposur ultraviolet dari sinar matahari.

Pola makan sehat

Perhatikan apa yang anda makan sebelum memusingkan produk kesehatan yang akan anda pilih. Aturlah pola makan sehat yang seimbang, dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, air putih, produk susu rendah lemak, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit:
  • Kentang
    Kaya akan beta-carotene, antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.
  • Blueberry
    Mengandung sumber antioksidan yang tinggi, untuk melindungi kulit terhadap eksposur sinar matahari
  • Salmon, kakap, dan ikan ‘gemuk’ lainnya
    Kaya akan omega3, lemak asam yang sangat baik untuk tubuh, sekaligus dapat mengurangi proses penuaan dini dan penyumbatan pori-pori kulit. Salmon dapat membuat kulit lebih cerah secara alami, dan kandungan selenium yang terdapat pada ikan kakap mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Kiwi
    Mengandung vitamin C tinggi, yang membantu produksi kolagen. Kiwi juga menjadikan kulit tampak lebih segar dan muda.
  • Biji bunga matahari
    Mengandung vitamin E tinggi. Memperlambat proses penuaan kulit.
Selain itu, buah-buahan berwarna kuning dan orange seperti wortel, aprikot, jeruk, serta sayur-sayuran yang berdaun lebat seperti bayam sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit secara alami.

Hindari rokok/asap rokok

Merokok dapat memberikan efek buruk bagi kulit. Rokok dapat mempersempit pembuluh-pembuluh darah yang berada pada lapisan terluar kulit, sehingga aliran darah ke daerah tersebut berkurang. Akibatnya adalah lapisan terluar kulit mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk kulit.
Selain itu, rokok menyebabkan penuaan dini dan timbulnya kerutan pada wajah. Hal ini terjadi karena rusaknya kolagen dan elastisitas serat kulit, khususnya di wajah, akibat proses penggunaan otot pada wajah yang berulang-ulang saat menghisap dan menghembuskan asap rokok.

Mengurangi stres

Stres dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan tertentu pada kulit, misalnya saja jerawat dan problem lainnya. Untungnya, stres dapat dikelola dengan beragam teknik relaksasi yang sederhana serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hindari berlarut-larut dalam keadaan stres dan seimbangkan pikiran dan emosi baik dalam lingkungan kerja ataupun keluarga.

0 komentar:

Post a Comment

 
All in one Blogger Template by Ipietoon Blogger Template